Jadhug Ario Bismo. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "


Makassar (Center Point of Indonesia)

http://images.glensinemart.multiply.com/image/rHggaiv9Tv9-jtjlVAZjuA/photos/1M/300x300/2496/CDocuments-and-SettingsAhsan-Andi-HusainMy-DocumentsDownloadsmakassar2030-1.jpg?et=ukqmAv5DcBfYDXs6qeU46w&nmid=0
http://images.glensinemart.multiply.com/image/4eYq4l0qxeX3jHLLPm+ZSw/photos/1M/300x300/2495/CDocuments-and-SettingsAhsan-Andi-HusainMy-DocumentsDownloadscpi-4.jpg?et=2D6F4K%2C50PlQsnN4taUBKg&nmid=0
http://images.glensinemart.multiply.com/image/jI4HE8WJ9E93oSwL94Jb6w/photos/1M/300x300/2494/CDocuments-and-SettingsAhsan-Andi-HusainMy-DocumentsDownloadscpi-3.jpg?et=U8Xrp6b07DR8CtW7WIlW9w&nmid=0
Makassar tampaknya sedang menggeliat untuk menjadi Kota Dunia sekaligus menjadi kota terbesar kedua di Indonesia. Saat ini proyek proyek raksasa sedang dibangun di ibu kota Sulawesi Selatan itu. Setelah memiliki Bandara Megah dan Trans Studio, yang merupakan Indoor Theme Park terbesar di dunia, Makassar juga memiliki gerai KFC terbesar di dunia, dengan luas gerai 1400 meter persegi. Gerai KCF yang buka 24 jam dan 7 hari seminggu ini dilengkapi dengan playland seluas seperempatnya, panggung live music, Free WIFI dan ATM Drive Thru.



Selain itu, saat ini Makassar sedang mengebut pembangunan mega proyek, Center Point of Indonesia (CPI), yaitu proyek prestisius bernilai Triliunan Rupiah, di sekitar pantai losari dan Tanjung Bunga. Proyek raksasa ini diawali dengan reklamasi total Pantai Losari, yang sudah dimulai sejak Maret lalu. Nantinya, di kawasan dengan luas total 600 hektar itu akan terdapat bangunan bangunan menjulang tinggi, pusat bisnis dan pemerintahan, kawasan hiburan, hotel hotel kelas dunia yang dilengkapi dengan lapangan golf dengan view ke laut lepas dan pemandangan menakjubkan ke pulau pulau di Teluk Makassar.



Di kawasan ini juga akan dibangun Istana Presiden, yang berdiri di atas laut. Di kawasan CPI juga akan dibangun Masjid Termegah di Asia, sekelas Taj Mahal di India. Ada juga The Makassar Notradamus, yaitu taman 1000 patung Pahlawan Indonesia. Masih di lokasi yang sama, Makassar juga akan membangun Public Space atau area publik terluas di Dunia. Di lapangan nan luas ini, akan terdapat banyak kawasan hijau, tempat bermain, taman bunga, tempat beristrahat, dan tentunya pantai buatan. Di sekitar kawasan ini juga akan terdapat Waterfront dan Marinas.



Center Point Of Indonesia akan dilengkapi dengan dua jalan layang selebar masing masing 40 meter, waterway, monorail dan busway. Hebatnya, proyek monorail akan menjadi mimpi besar kota Makassar yang akan diwujudkan bersama hadirnya CPI. Monorail di CPI akan menghubungkan kawasan megah ini ke Pusat Kota Makassar, hingga ke Bandara International Sultan Hasanuddin. Jika proyek ini benar benar terwujud maka Makassar akan melampaui Jakarta dalam hal mewujudkan angkutan Mass Rapit Transport idaman itu.



Center Point of Indonesia juga akan dilengkapi dengan sebuah menara yang menyerupai Oriental Pearl Tower di Shanghai. Menara setinggi 300 meter itu akan difasilitasi dengan dek anjungan berputar. Menara itu akan dibangun tepat di tengah tengah proyek CPI. Selain itu, Center Point of Indonesia akan memanjakan pengunjung karena sudah terintegrasi dengan Trans Studio Indoor Theme Park, karena akan dilewati oleh jalur Monorail. Nantinya beberapa pantai dan pulau pulau buatan di CPI juga akan dihubungkan dengan kereta gantung (Gondola) terpanjang di Asia.



Mengapa dinamakan Center Point of Indonesia ? Konon letak Makassar secara geografis terletak tepat di tengah tengah Indonesia. Jika di ukur dari Ujung Sumatera yang jaraknya 2500 Kilometer dan dari Ujung Papua sepanjang 2300 Kilometer, maka Makassar adalah daratan terdekat dari titik pusat Indonesia, yang terletak di antara Laut Jawa dan Selat Makassar.



Rencananya tahap awal pembangunan CPI, akan selesai pada tahun 2012. Jika proyek ini selesai, maka Makassar akan melesat menjadi kota metropolitan modern dan terbesar kedua di Indonesia, melampaui Surabaya. Obsesi itu jugalah yang membuat Makassar bertekat untuk menjadi kota dunia di tahun 2030.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 Komentar:

Posting Komentar